5/23/2011 04:00:00 PM

JAGUNG BOSE, MAKANAN KHAS KITA ORANG TIMOR

jagung boseJagung merupakan sumber karbohidrat, bisa dinikmati sebagai pengganti nasi. Di Timor jagung merupakan makanan pokok., yaitu bubur kental dari jagung putih yang direbus dengan santan dan campuran kacang merah (disebut kacang tali atau kacang beras di Timor).

Secara tradisi, rakyat Timor hanya makan jagung bose untuk makan siang dan makan malam. Untuk sarapan, mereka makan ubi jalar. Bahkan jagung tak hanya sebagai pangan pokok, tapi juga komoditas yang menyatu dengan adat dan budaya. Beragam upacara adat digelar, mulai menanam, memetik, hingga mengkonsumsi.

Salah satu hasil makanan dari jagung di Timor adalah jagung bose. Jagung bose hanya dibuat dari jagung putih. Ini mirip dengan tradisi rakyat Meksiko yang hanya membuat tortilla (mkanan khas orang meksiko yang berbentuk roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum dari jagung putih… katanya sehhh waktu aku nge-browsing di http://id.wikipedia.org/wiki/Tortilla).

Jagung bose (kadang-kadang juga disebut katemak) rasanya tawar - seperti halnya nasi. Cocoknya disantap dengan karmanaci, daging se'i - yaitu daging sapi atau babi yang diasap - dan tumis bunga pepaya. Proses pembuatan jagung bose cukup repot. Kulit biji jagung harus dibuang dengan cara menumbuknya dan dicampur sedikit air. Jagung dicampur kacang merah, dan kemudian direbus dengan santan hingga menjadi bubur. Jagung bose juga dapat kita jumpai pada acara-acara adat di timor. nah gimana, tertarik untuk mencobanya????

3 comments:

  1. Saya baru tau itu tumisan bunga pepaya n se'i namanya Karmanaci.
    2 bulan lalu makan bose pake itu tapi tdk tau namanya.
    hehehhe;-)

    BalasHapus
  2. @Blue Jeans : hahahah... karmanaci itu kayanya beda lagi deng daging sei.. daging se'i, dagingnya di asap klo karmanaci, daging sapi cincang yang ditumis dengan bumbu-bumbu semcam bawang merah, bawang putih,dan kurang tau lagi bumbu2nya.. hehheh

    BalasHapus
  3. eeeeeeeeeeeeeeenaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus

NO SPAM, NO SARA dan berkomentarlah dengan bijak... :)